5 FILM TERASYIK 2017

Mendadak beberapa tahun terakhir jadi keranjingan nonton film. Bukan berarti dulu tidak suka, tapi dulu terbatas karena satu dan lain hal. Jadi, sekarang mulai perlahan satu persatu mengejar ketertinggalan. Mendadak juga jadi suka nonton ke bioskop.


Menonton film menjadi salah satu cara untuk tetap mempertahankan daya kreativitas dan mencari ide-ide untuk novel, cerita, artikel blog, atau bahkan kerjaan. Ada beberapa film yang sengaja aku tonton lebih dari dua kali (di bioskop).

Tahun 2017 menjadi tahun yang menyenangkan untuk beberapa film. Ada film-film yang kutonton empat kali (di bioskop). Meskipun rekor terbanyak, tetap dipegang oleh LA LA LAND. Aku pernah mengulasnya di blog lamaku. Film-film tersebut memang bagus, atau karena memang aku suka. Sebut saja SPIDERMAN : HOMECOMING yang kunobatkan sebagai Best Spiderman. Aku bukan penikmat komik-komik Spiderman, tapi aku penikmat semua filmnya. Menurutku, Homecoming adalah versi yang seharusnya dari Spiderman: anak muda, nerd, kocak, jenius, banyak omong, (dan tidak cinta-cintaan). Homecoming alurnya tidak lebay, sangat pas dengan twist yang kece.

Kabar buruknya, Spiderman : Homecoming tidak masuk ke 5 Film Terasyik versi blog ini. Karena memang ternyata ada film-film yang lebih menyentuh hati, syarat makna. Jika daftar ini menjadi 10, tentu saja Spiderman akan masuk bersama COCO dan GET OUT.

Setelah kupikir-pikir, aku suka film-film dengan tema : bagaimana bangkit meraih mimpi, bangkit dari pembulian, tentang mencapai sesuatu, bagaimana harus menjadi yang lebih baik.  Tema-tema ini yang membuat kelima film berikut layak menjadi film terasyik versiku. List ini dengan catatan film CALL ME BY YOUR NAME,  Lady Bird, Three Billboards Outside Ebbing Missouri, dan I, Tonya belum kutonton (karena memang belum masuk ke Indonesia).


PERINGKAT LIMA : IT
Belum baca novelnya. Belum lihat seri yang diputar jaman dulu. Intinya, hanya berbekal informasi dari para reviewer, trailer, dan hal-hal lainnya, aku menonton film horror paling fenomenal sepanjang tahun 2017 : IT. Pada dasarnya, aku suka film horror. Jadi dengan bekal hal itu, aku nonton.

Kesan pertama: aku suka, temanya suka, karakternya suka, dan makna tersiratnya pun suka. Pada intinya, secara tersirat kita diajarkan untuk tetap berani, mendobrak, dan berontak kepada hal-hal yang membuat kita takut dan membuat kita tidak berkembang. Pada intinya, pembulian adalah hal paling menyebalkan untuk anak-anak kecil.

Aku memasukkan IT sebagai salah satu film horor favoritku, dan berniat akan menontonnya lagi jika ada kelanjutannya (karena memang ceritanya masih menggantung di ending).


PERINGKAT EMPAT : BAD GENIUS
Masa SMA adalah masa pencarian jati diri, masa paling asyik dalam siklus kehidupanku, dan masa dimana menyontek menjadi hal yang lumrah setelah selama SD dan SMP, kuanggap menyontek adalah hal yang dosa dan hina. Dan inilah yang dibawa menjadi premis oleh Film Thailand ini.

Seperti judulnya BAD GENIUS, film ini dibuat dengan jenius. Mulai dari plot, karakter, pengambilan gambar. Semuanya jenius. Karakternya pas memerankan semua detail-detailnya. Bahkan karakter utamanya (yang kabarnya seorang model dan baru pertama kali main film) bias memerankan dengan epic karakter Lin yang jenius tapi butuh duit.

Film ini wajib ditonton, oleh semua orang. Untuk anak-anak SMA, bahwa menyontek itu sesekali dibenarkan. Karena bisa dipakai untuk cerita anak cucu. Serius. Ini serius. AKu bilang sesekali yah. Untuk orang dewasa, bisa menjadi pengingat kenakalan jaman remaja dulu.


PERINGKAT TIGA : DUNKIRK
Mohon maaf kepada DUNKIRK, kamu harus puas dengan peringkat ketiga. Ya, awalnya Dunkirk menjadi film favoritku di tahun 2017 sebelum dua film teratas nanti datang. Ini film sebenarnya ajaib sekali. Seperti menelan kue sebesar tiga jari tangan, tanpa minum. Alias, bikin susah nafas dari awal. Film dibuka dengan adegan tembak-tembakan, kemudian ketegangan berlanjut terus tanpa jeda.

Nolan memang tidak pernah main-main membuat film, seperti Batman yang dibuat dengan gaya dia yang ciamik. Dan Dunkirk adalah pembuktiannya tahun ini.

Karakter pas, alur tapi tetap oke, tidak membosankan, dan bisa dinikmati. Dan dari semua hal itu ada dua hal penting yang membuatku sangat mencintai film ini : SINEMATOGRAFI dan MUSIK yang kece dari awal hingga selesai.

Aku menontonnya 4 kali, dan kabar buruknya 2 kali nonton di IMAX sehingga menguras dompet. Tapi keren dan aku tidak merasa rugi.


PERINGKAT DUA : BABY DRIVER
Setelah tahun lalu, aku dibuat terkagum-kagum dengan LA LA LAND, dipaksa menonton enam kali di bioskop, tahun ini aku dibuat terpana dengan BABY DRIVER. Tidak sampai sekestrem La La Land, tapi film ini cukup membuatku berdecak kagum dari awal.

Dibuka dengan adegan yang tidak kalah ciamik dengan La La Land, film ini dipenuhi dengan soundtrack yang sangat kece. Serius. Aku curiga, sutradaranya sebenarnya mendengarkan lagu dulu baru memikirkan adegan yang pas.

Penasaran, tonton saja. Buat para wanita, tentu kehadiran ANSEL akan menambah daya Tarik sendiri.


PERINGKAT SATU : WONDER
Film ini keren.

Sangat keren. Aku menahan nafas di beberapa bagian, tapi ending cerita cukup emosional.

Ini film sungguh keren. Keren. Sangat keren.

Film terasyik di tahun 2017.



Bagaimana menurutmu dengan 5 Film Terasyik 2017 pilihanku?

- Har -

No comments:

Post a Comment